Macam-macam Sistem Linux yang Wajib Anda Ketahui – Linux ialah salah satu dari ketiga sistem pembedahan pada fitur desktop yang terkenal, bersama dengan Windows serta Mac OS. Linux mempunyai bermacam versi yang dapat kalian maanfaatkan.

Macam-macam Sistem Linux yang Wajib Anda Ketahui

jenyburn – Karena banyaknya versi Linux, kalian selaku konsumen bisa lapang memilah distro Linux yang cocok dengan keinginan serta tujuan kalian. Perihal yang membuat Linux mempunyai banyak versi merupakan karakternya yang open source.

Dikutip dari dicoding, Open source inilah yang menghasilkan Linux leluasa buat dibesarkan oleh bermacam komunitas apalagi perorangan dengan bermacam arti serta tujuan pemakaian. Dari bermacam berbagai distro Linux yang terdapat, kalian bisa jadi bimbang hendak berupaya yang mana? Selanjutnya ini 10 berbagai Linux yang dapat kalian coba selaku pengganti memilah distro Linux yang sesuai untuk kalian.

1. Ubuntu

Distro Linux awal yang pantas kalian coba merupakan Ubuntu. Ubuntu ialah salah satu distro Linux yang lumayan terkenal serta amat sesuai untuk kalian yang terkini awal kali memakai Linux. Betul, semacam slogan dari Ubuntu ialah“ Linux for human beings” ataupun dalam bahasa Indonesia“ Linux buat orang”, artinya Ubuntu dibesarkan supaya Linux bisa bermanfaat untuk seluruh orang dengan cara umum dalam arti buat mengubah stereotip biasa kalau Linux sulit buat dipakai oleh orang biasa.

Distro Linux Ubuntu pantas kalian coba, sebab tidak hanya Ubuntu amat terkenal, Ubuntu pula mempunyai sokongan komunitas yang besar. Jadi kala kalian hadapi hambatan ataupun kesusahan dikala memakai Ubuntu kalian dapat mencari pemecahan penindakannya dengan gampang. Hingga postingan ini ditulis Ubuntu sudah diluncurkan hingga tipe 20. 04 LTS.

Kala kalian memakai Ubuntu kalian tidak butuh khawatir kehabisan sokongan, sebab Ubuntu menjamin konsumennya hendak menemukan pembaruan keamanan serta perawatan.

Baca juga : Jenis-jenis Versi Windows Terlengkap

2. Manjaro

Manjaro ialah distro Linux yang berplatform dari Arch Linux. Belum lama ini kepopuleran

Manjaro terus menjadi memanjat. Bukan tanpa alibi Manjaro terus menjadi banyak digandrungi oleh beberapa orang, tidak hanya sebab Manjaro menawarkan kelebihan dari Arch Linux yang dijadikan basisnya. Manjaro pula memiliki keringanan semacam konsumsi yang biasa, simpel, elok serta senantiasa powerful.

Perihal yang menarik dari distro Linux Manjaro ini merupakan Manjaro sediakan fitur komplit dengan bermacam opsi arsitektur, desktop environment, serta tipe build- nya.

Dari perihal itu Manjaro memanglah dibesarkan buat bermacam golongan konsumen, bagus itu pendatang baru, pembelajaran, programmer ataupun handal. Salah satu aspek kepopuleran Manjaro merupakan berkah banyaknya versi desktop environment yang dapat dipakai.

3. Linux Mint

Linux Mint ialah salah satu distro yang tidak takluk terkenal dari Ubuntu, distro ini juga banyak disukai oleh komunitas Linux. Linux Mint dibentuk diatas dasar Ubuntu, oleh sebab itu Linux Mint bisa melaksanakan aplikasi yang terdapat pada Ubuntu.

Serupa semacam Ubuntu, Linux Mint juga sesuai untuk kalian yang terkini mengawali memakai Linux, sebab tidak hanya user interface yang gampang serta simpel Linux Mint pula mempunyai dampak peralihan yang lumayan smooth.

Distro Linux Mint mempunyai bermacam versi desktop environment mencakup Cinnamon, MATE, XFCE, KDE ditambah terdapat versi Linux Mint yang berplatform Debian. Buat pemakaian tiap hari Linux Mint amat aman buat dipakai, aplikasi yang dapat dipakai juga lumayan banyak ruah berkah basisnya dari Ubuntu.

4. Kali Linux

Bila kalian terpikat buat mengawali berlatih hacking serta penekanan, hingga distro Linux selanjutnya ini bisa kalian coba. Kali Linux ialah distro berplatform Debian yang dibesarkan oleh Offensive Security. Tujuan dari dikembangkannya Kali Linux merupakan buat penuhi keinginan penekanan serta pengetesan ataupun peretasan pada sistem keamanan pc. Kali Linux pula sediakan bermacam desktop environment semacam XFCE, KDE ataupun LXDE.

Di dalam Kali Linux pula sudah ada bermacam tools ataupun aplikasi yang bermanfaat dalam melaksanakan ethical hacking ataupun penekanan serta testing. Tools serta aplikasi yang diadakan juga senantiasa dalam kondisi terkini sebab mempraktikkan bentuk rolling release. Komunitas dari Kali Linux juga banyak yang membuat tools ataupun aplikasi yang dapat kalian maanfaatkan dikala melaksanakan penekanan atau testing keamanan.

5. Zorin OS

Bila kalian mau berupaya Linux dengan rasa Windows, kalian dapat berupaya memakai distro Linux Zorin OS. Zorin OS dibesarkan dari dasar Ubuntu dengan memajukan bentuk antarmuka yang mendekati dengan Windows. Perihal ini sesuai untuk kalian, bila terkini mengawali memakai Linux, sebab dikala evakuasi dari Windows ke Linux kalian hendak merasa sering di dengar dengan bentuknya.

6. openSUSE

Distro Linux selanjutnya yang dapat kalian coba merupakan openSUSE. openSUSE dapat jadi opsi kalian selaku system administrator, developer atau konsumen desktop. openSUSE dibagi jadi 2 versi penyaluran ialah Tumbleweed serta Leap.

Bila kalian mau senantiasa memperoleh pembaruan hingga versi openSUSE Tumbleweed merupakan pilihannya. Sebaliknya bila kalian mau memperoleh pembaruan pada bentang rentang waktu khusus hingga openSUSE Leap dapat kalian seleksi.

7. Fedora

Fedora awal kali diluncurkan pada bertepatan pada 6 November 2003 hingga dengan postingan ini ditulis Fedora sudah hingga pada tipe 32. Fedora dibesarkan oleh Red Hat dengan manajemen paket memakai RPM serta YUM.

Fedora tidak sangat mencermati pembaruan bila cuma membenarkan perihal yang tidak sedemikian itu berarti, para developer Fedora lebih mengutamakan pembaruan yang penting dikala melaksanakan pembaruan.

8. Parrot OS

Serupa semacam perihalnya distro Kali Linux, distro Parrot OS pula dibesarkan buat tujuan penekanan, testing ataupun ilmu mayat sistem keamanan. Parrot OS pula memakai dasar dari Debian serupa semacam Kali Linux.

Parrot OS dibesarkan oleh Parrot Security CIC hingga postingan ini ditulis Parrot OS sudah hingga pada tipe 4. 9. 1. Parrot OS pula sediakan bermacam berbagai opsi desktop environment mulai dari MATE, KDE, serta pula OVA.

Meski sedang terkategori terkini, distro Parrot OS tidak dapat ditatap sisi mata. Banyak tools penekanan serta testing sudah dipasang dengan cara otomatis pada distro ini. Bila kalian terpikat buat mengawali penekanan serta testing ataupun hacking distro ini dapat kalian coba selaku pengganti opsi Kali Linux.

9. Elementary OS

Bila tadinya terdapat distro Zorin OS yang bentuknya mendekati dengan Windows, sebaliknya distro Linux satu ini bentuknya mendekati dengan Mac OS. Bila kalian mau merasakan kehebohan bentuk yang elok seperti Mac OS, hingga distro Linux Elementary OS ini dapat kalian coba.

Elementary OS pula ramah untuk konsumen terkini sebab memakai dasar dari Ubuntu. Hingga postingan ini ditulis Elementary OS sudah hingga pada tipe 5. 1 Hera.

Baca juga : Mengenal Software Linux

10. BlankOn

Kurang komplit rasanya bila tidak memuat distro Linux ciptaan Indonesia. BlankOn ialah salah satu distro Linux ramuan anak bangsa yang dapat kalian coba.

BlankOn pula sempat masuk ke dalam 100 besar Linux di bumi, jadi mutu dari BlankOn tidak dapat dikira remeh. Bila kalian menginginkan Linux buat aktivitas computing buat pembelajaran ataupun perkantoran distro Linux BlankOn ini dapat jadi opsi.

Next Post

Mengenal Desktop dan Taskbar pada Windows

Tue May 18 , 2021
Mengenal Desktop dan Taskbar pada Windows – Windows ialah salah satu sistem pembedahan dengan jumlah konsumen terbanyak di bumi. Windows jadi opsi sebab penggunaannya yang […]
Follow by Email
Instagram