Pentingnya Memahamai Kinerja Sistem Operasi Windows – Arus perkembangan teknologi menggiring setiap orang untuk menggunakan perangkatan elektronik dalam berbagai aktivitasnya. Penggunaan perangkat elektronik berteknologi canggih tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan kecepatan dalam berbagai aktifitas serta memberikan hasil yang maksimal. Salah satu contoh nyata penggunaan perangkat elektronik dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan komputer dan lapto untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas sekolah. Kedua perangkat elektronik tersebut berfungsi untuk mengolah berbagai macam data melalui prosedur sistem yang sudah ditetapkan sebelumnya hingga menghasilkan berbagai informasi yang berguna bagi penggunanya.

Setiap perangkat elektronik seperti komputer dan laptop tersusun atas perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras atau hardware merupakan semua komponen yang memiliki bentuk fisik jelas dan memiliki fungsi untuk menunjang proses kompterisasi seperti prosesor, motherboard. CPU, RAM, harddisk, dan sebagainya. Sedangkan perangkat lunak (software) merupakan komponen yang tidak memliki bentuk fisik melainkan hanya berupa program yang digunakan untuk memproses perintah penggunanya sesuai dengan kemampuan seperti sistem operasi, aplikasi, dan sebagainya. Kedua jenis perangkat tersebut bekerja bersama-sama dan saling terkoneksi hingga membentuk suatu sistem kerja komputerisasi yang diperintahkan oleh brainware atau pengguna.

Pengguna (user/brainware) merupakan orang yang mengoperasikan komputer untuk memasukkan, mengolah, dan menyajikan data seperti editor, netter, programer, desainer, dan masih banyak lagi. Hampir seluruh pekerjaan menuntut semua pekerjanya untuk menjadi seorang brainware yang cektaan. Seringkali para pengguna kurang memahami spesifikasi komputer yang digunakannya sehingga beberapa pekerjaan menjadi tersendat. Sebagai contoh beberapa software tidak kompatible dengan windows yang terlalu tua sehingga tidak dapat dioperasikan. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman informasi terkait spesifikasi komputer dari setiap komponen penyusunnya agar proses komputerisasi berjalan optimal dan hasil yang diperoleh juga maksimal.

Sistem operasi atau operating system (OS) berfungsi sebagai perangkat lunak yang mengatur jalannya berbagai program menggunakan perangkat keras serta mengendalikan kinerja komputer. Sistem operasi juga dikenal sebagai perangkat lunak penghubung antara pengguna dengan perangkat keras komputer untuk menjalankan suatu perintah tertenti. Sistem operasi juga berperan dalam penting dalam manajemen komputer seperti konfigurasi perangkat leras yang terdapat dalam komputer, manajemen berbagai perangkat lunak untuk menjalankan perintah kerja, mengatur koordinasi antar komputer maupun perangkat keras lain, dan menyajikan output dari perintah kerja yang diberikan oleh pengguna.

Terdapat berbagai sistem operasi populer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer maupun laptop seperti Microsoft Windows, Mac OS, dan Linux. Setiap sistem operasi memeliki keunggulan masing-masing dan dapat dieseuaikan dengan kebutuhan pengguna. Microsoft Windows menjadi sistem operasi dengan pengguna terbanyak dalam beberapa tahun terakhir. Ya, sistem operasi buatan Microsoft ini sebagian besar sudah dijadikan paket penjualan komputer maupun laptop sehingga penggunanya terus bertambah seiring dengan meningkatnya penjualan komputer atau laptop. Sistem operasi ini memudahkan pengguna komputer dalam menyelesaikan berbagai macam aktivitas seperti browsing, editing, menulis, membuat presentase, bermain game judi slot dengan sangat lancar, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi.

Besarnya manfaat Window sebagai sistem operasi komputer membuat pihak Microsoft terus melakukan perbaikan dan pembaruan untuk memenuhi permintaan pasar. Teknologi terbaru yang mampu memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan pengguna menjadi prioritas pembarua sistem operasi. Sudah lebih dari 10 kali pembaruan windows dilakukan sejak pertama kali muncul tahun 1985. Mulai dari Windows 1 sampai windows 10 serta beberapa Windows edisi khusus (windows 98, millenium, profesional, XP, dan sebagainya) sudah hadir dengan berbagai penyempurnaan dan penambahaan fitur terbarunya.

Windows 10 yang berjuluk “The All New” menjadi produk terbaru yang muncul pada tahun 2015 untuk menyempurnakan windows 8. Tampilan antarmuka yang disuguhkan kepada pengguna sangatlah menarik dan berbeda dengan sistem operasi lainnya. Terobosan baru pada tombol start yang lebih elegan dan progresif menunjukkan bahwa windows 10 menjadi sistem operasi yang cocok menemain pangguna untuk menyambut masa depan. Tampilan aero dinamis yang semakin menarik memanjakan mata pengguna juga menjadi fitur andalan windows ini. Penggunaan teknologi terbaru dengan hadirnya cortana sebagai media input untuk penerima perintah dalam bentuk lisan juga menonjolkan fitur teknologi masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram