Semua yang perlu Anda ketahui tentang Windows 10X – Microsoft mengungkapkan bahwa mereka tidak akan meluncurkan Windows 10X pada tahun 2021, dan mungkin tidak akan pernah dirilis sebagai produk terpisah. Sebagai gantinya, beberapa teknologi yang dikembangkan untuk Windows 10X kemungkinan akan masuk ke Windows 10. Cerita ini, diterbitkan enam minggu sebelum pengumuman Mei, menunjukkan di mana Microsoft berniat untuk mengambil Windows 10X sebelum tiba-tiba mencabutnya.

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Windows 10X

jenyburn – Ada kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang Windows 10X, versi baru Windows yang akan segera dirilis. Dan jika sudah, ada kemungkinan Anda bingung tentang apa sebenarnya itu.

Melansir computerworld, Kamu tidak sendiri. Microsoft telah merilis informasi yang membingungkan dan terkadang bentrok tentang sistem operasi baru. Kami di sini untuk membantu. Baca terus untuk semua yang perlu Anda ketahui tentang varian Windows 10 yang akan datang.

Baca juga : Analisis Sistem Operasi Windows dan Microsoft

Apa itu Windows 10X? Apakah ini penerus Windows 10?

Windows 10X menyerupai Windows 10 dalam beberapa hal tetapi telah dibangun sepenuhnya berdasarkan kode dari basis kode Windows universal yang disebut Windows Core OS. (Windows 10 juga menggunakan kode dari Windows Core OS tetapi menambahkan kode uniknya sendiri.)

Windows 10X tidak akan menggantikan Windows 10, dan itu menghilangkan banyak fitur Windows 10 termasuk File Explorer, meskipun itu akan memiliki versi manajer file yang sangat disederhanakan. Antarmukanya lebih sederhana dan lebih sederhana daripada Windows 10, dan hanya akan berjalan pada perangkat keras yang dirancang untuk itu, bukan pada perangkat keras yang saat ini menjalankan Windows 10.

Apa gunanya? Mengapa versi baru Windows 10?

Alasan yang diberikan Microsoft untuk mengembangkan Windows 10X terus bergeser. Ketika Microsoft pertama kali mengumumkan Windows 10X pada tahun 2019, perusahaan mengatakan itu hanya akan berjalan pada PC layar ganda dan dapat dilipat, dan sistem operasinya akan dirancang khusus untuk memanfaatkan perangkat keras unik itu sebaik mungkin. (Alih-alih kombinasi keyboard layar + perangkat keras yang ditemukan di sebagian besar laptop, PC layar ganda memiliki dua layar yang terhubung dengan engsel, sedangkan PC yang dapat dilipat memiliki layar yang terlipat di tengah, yang pada dasarnya membuat dua layar dari satu.)

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa perangkat Windows 10X pertama, termasuk Surface Neo layar ganda milik Microsoft, akan tersedia pada musim gugur 2020.

Tetapi kemudian, beberapa bulan setelah pandemi pada Mei 2020, perusahaan melakukan perubahan, mengumumkan bahwa Windows 10X akan debut pada perangkat layar tunggal yang berfokus pada cloud. Karena fokus cloud itu, Windows 10X telah dirancang untuk bekerja pada perangkat keras yang lebih ringan dan lebih murah daripada Windows 10.

Jika Anda berpikir bahwa sistem operasi yang berfokus pada cloud yang dirancang untuk bekerja pada perangkat keras murah terdengar mencurigakan seperti Google Chrome OS, Anda benar. Sebagian besar pengamat industri percaya bahwa Windows 10X adalah jawaban Microsoft untuk Chrome OS dan akan ditargetkan di sekolah, di mana Chromebook sangat populer, dan juga pada pekerja jarak jauh di perusahaan.

Adapun Windows 10X pada layar ganda dan PC yang dapat dilipat, Microsoft tidak berkomitmen. Pengumuman Mei 2020 hanya mengatakan, “Kami akan terus mencari momen yang tepat, bersama dengan mitra OEM kami, untuk membawa perangkat layar ganda ke pasar.” Perusahaan belum mengatakan apa-apa lagi tentang perangkat semacam itu sejak saat itu. Dengan kata lain, jangan mengharapkan mereka dalam waktu dekat.

Apakah saya dapat memperbarui PC Windows 10 ke Windows 10X?

Tidak. Dan saat ini Anda tidak akan dapat membeli versi mandiri Windows 10X untuk diinstal pada perangkat. Jika Anda menginginkan sistem operasi, Anda harus membeli perangkat Windows 10X yang sudah diinstal sebelumnya.
Ceritakan tentang antarmuka.

Apakah itu dikenali sebagai Windows 10?

Iya dan tidak. Anggap saja sebagai anak dari Windows 10X, berbagi beberapa DNA-nya tetapi berbeda dalam beberapa hal. Ini memiliki menu Mulai yang disederhanakan yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Windows 10 dan aplikasi web dengan mengklik ikonnya. Tapi tidak ada ubin hidup. Antarmuka dasar akan sangat mirip dengan ikon — Chrome OS di layar.

Bilah tugas juga disederhanakan, dengan ikon yang disematkan di tengah untuk aplikasi web dan aplikasi Windows 10. Tidak ada ikon notifikasi di paling kanan seperti yang ada dengan Windows 10 full-blown, dan tidak ada klik kanan untuk penyesuaian. Pada dasarnya, apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Juga tidak ada pengelola file yang sebenarnya, hanya browser file yang sangat terbatas yang dibuat untuk OneDrive.

Awalnya, Windows 10X diharapkan memiliki fitur baru yang disebut “Wonder Bar” yang mengingatkan pada Touch Bar Apple tetapi lebih lebar dan dirancang untuk perangkat layar ganda. Saat perangkat diposisikan sebagai laptop, Wonder Bar akan muncul di bagian atas layar bawah, di atas keyboard perangkat lunak atau keyboard perangkat keras magnetik yang ditempatkan di layar bawah, dan itu bisa menampilkan apa saja mulai dari perintah keyboard tambahan hingga video dan grafis. Sekarang Windows 10X diposisikan untuk perangkat layar tunggal, Wonder Bar telah dihapus dari versi terbaru OS.

Oh, dan pembenci Cortana akan senang mengetahui bahwa Cortana tidak dapat ditemukan di Windows 10X.

Satu perbedaan utama lainnya antara Windows 10X dan Windows 10: Di 10X Anda tidak perlu bergulat dengan cara menangani pembaruan Windows. Pembaruan akan terjadi secara otomatis, di belakang layar, hanya dalam waktu dua menit atau kurang.

Jenis perangkat lunak apa yang akan dijalankan Windows 10X? Apakah saya dapat menjalankan aplikasi Office dan aplikasi Win32 lainnya di dalamnya?

Microsoft awalnya mengatakan bahwa Windows 10X akan menjalankan aplikasi desktop Win32 seperti Word, Excel, dan aplikasi Office lainnya, tetapi hanya di dalam wadah khusus yang mengisolasi aplikasi dari OS inti. Baru-baru ini, bagaimanapun, pengamat Microsoft telah melaporkan bahwa tidak akan ada dukungan Win32 sama sekali ketika Windows 10X pertama kali dikirimkan, meskipun kemungkinan akan ditambahkan kembali nanti. Masih harus dilihat bagaimana wadah Win32 akan memengaruhi kinerja atau apakah semua aplikasi Win32 akan dapat berjalan dengan cara ini.

Windows 10X akan menjalankan aplikasi Universal Windows Platform (UWP) — aplikasi ringan yang Anda unduh dari Microsoft Store — langsung dari gerbang. Belum jelas apakah itu akan dapat menjalankan semua itu atau hanya sebagian. Menariknya, bahkan aplikasi UWP berjalan di dalam wadah di Windows 10X, tetapi jenis wadahnya berbeda. Kontainer “Native” ini memanfaatkan fitur Windows 10X asli, mengambil lebih sedikit sumber daya sistem, dan memberikan kontrol keamanan dan privasi yang lebih baik daripada container untuk aplikasi Win32.

Selain menjalankan aplikasi UWP, Windows 10X akan menjalankan aplikasi web. Mengingat betapa sedikitnya aplikasi UWP yang tersedia, kemungkinan besar Anda akan menjalankan aplikasi web di dalamnya, dengan cara yang sama seperti Chrome OS menjalankan aplikasi web. Ingatlah bahwa langganan Microsoft 365 dan Office 365 menyertakan versi aplikasi web yang berguna, jadi meskipun Anda tidak dapat menjalankan aplikasi desktop Office, Anda masih dapat menggunakan Microsoft 365 / Office 365 melalui aplikasi web.

Versi Windows 10 yang disederhanakan yang hanya menjalankan UWP dan aplikasi web — bukankah kita pernah ke sini sebelumnya?

Ya kami punya, dengan Windows 10 S, juga disebut “Windows 10 dalam mode S.” Dirilis pada tahun 2017, Windows 10 S bukanlah sistem operasi yang terpisah dari Windows 10 tetapi apa yang disebut Microsoft sebagai “mode” Windows 10, versi terkunci yang hanya mendukung UWP dan aplikasi web dan mencegah browser selain Microsoft Edge berjalan di atasnya. Dapat digunakan pada perangkat keras yang lebih murah daripada Windows 10, ini ditujukan untuk sekolah dan bisnis dengan pengguna yang tidak memerlukan aplikasi desktop lengkap — grup yang sama yang kini ditargetkan Microsoft dengan Windows 10X.

Namun, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Karena ini hanyalah mode Windows 10 daripada OS terpisah, Windows 10 S lebih mirip Windows 10 daripada Windows 10X. Dan tidak seperti perangkat Windows 10X, perangkat yang menjalankan Windows 10 S dapat dialihkan ke Windows 10 full-blown (meskipun tidak dapat diaktifkan kembali).

Model wadah aplikasi Windows 10X juga membedakan keduanya. Ini akan memungkinkan rentang aplikasi yang lebih luas untuk berjalan di perangkat Windows 10X daripada Windows 10 S, sambil menjaga keamanan. Dan masih ada potensi Windows 10X untuk memanfaatkan perangkat layar ganda di masa mendatang.

Kapan perangkat Windows 10X akan tersedia?

Microsoft tidak mengatakan. Setelah perusahaan berputar untuk menargetkan laptop layar tunggal tradisional tahun lalu, pengamat industri memperkirakan perangkat Windows 10X pertama akan tersedia sekitar musim semi ini, pertama untuk pasar pendidikan dan perusahaan daripada dijual langsung ke konsumen.

Tetapi laporan terbaru mengatakan mereka mungkin tidak akan dirilis sampai sekitar paruh kedua tahun ini. Harapannya adalah bahwa perangkat akan dijual seharga $ 600 atau di bawahnya. Perangkat berbasis konsumen tidak diharapkan hingga 2022.

Tentu saja, semua ini bisa berubah. Kami akan terus memperbarui cerita ini saat berita muncul, jadi periksa kembali di sini untuk yang terbaru.

Next Post

Windows Core OS: Panduan lengkap

Wed Dec 8 , 2021
Windows Core OS: Panduan lengkap – Mencoba mengikuti proyek internal Windows Core OS (WCOS) Microsoft bukanlah tugas yang mudah. Bahkan kami merasa sulit untuk mengikuti […]