Windows 10X: Melihat lebih dekat sistem operasi baru Microsoft – Windows 10X diumumkan pada tahun 2019 dan akhirnya diluncurkan akhir tahun ini pada rangkaian baru 2-in-1s/notebook dari mitra Microsoft. Tidak seperti Windows 10, Windows 10X akan menjadi sederhana, ramping, lebih cepat, dan lebih aman.

Windows 10X: Melihat lebih dekat sistem operasi baru Microsoft

jenyburn – Bagi mereka yang tidak terbiasa, Windows 10X pada awalnya dirancang untuk perangkat layar ganda, seperti Surface Neo, Lenovo ThinkPad X1 Fold, dan prototipe Intel. Pada tahun 2020, Microsoft mengatakan bahwa rencananya telah berubah dan sistem operasi akan debut pertama kali pada perangkat layar tunggal pada tahun 2021.

Melansir bleepingcomputer, Laporan telah menyarankan bahwa Windows 10X sekarang akan diluncurkan pada Musim Semi 2021 dan kami akhirnya berhasil mendapatkan tampilan pertama kami, berkat build yang bocor.

Baca juga : Sistem Operasi yang Umum Digunakan Pada Perangkat Komputer

Mulai Menu

Tidak seperti Windows 10 atau Windows 8, Windows 10X tidak hadir dengan ubin langsung tradisional. Dalam versi yang bocor, Windows 10X menggunakan ChromeOS seperti ikon statis untuk aplikasi Microsoft Store dan Aplikasi Web Progresif yang didukung Microsoft Edge.

Secara default, Start Menu akan menyertakan pintasan ke aplikasi dan layanan populer seperti Microsoft Teams, Microsoft Edge, dan Settings. Start Menu hanya akan menampilkan aplikasi dan situs web, dan Anda tidak akan dapat mengelompokkan aplikasi untuk membuat folder. Anda dapat mengklik kanan ikon apa saja untuk mengakses pengaturan aplikasi dan menyematkannya ke bilah tugas.

Selain Start Menu, ada juga taskbar baru yang rata tengah dengan tiga ukuran berbeda – kecil, sedang dan besar. Ukuran kecil ditujukan untuk desktop dengan dukungan mouse dan ukuran sedang atau besar tampaknya sangat ramah sentuhan.

Action Center

Action Center juga mendapatkan tampilan baru di Windows 10X. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, Windows 10X hadir dengan Pusat Aksi mengambang, yang juga mencakup baki sistem bilah tugas.

Tidak seperti Windows 10, Action Center di Windows 10X lebih menekankan pada tindakan cepat, yang berarti area notifikasi tidak akan terlihat sepanjang waktu dan Action Center tidak akan menutupi layar penuh Anda.

Pusat Aksi baru juga dilengkapi dengan kontrol volume baru, opsi daya, dan persentase baterai.

Pengaturan dan Pembaruan

Di Windows 10X, Microsoft telah sepenuhnya menghapus Control Panel dan aplikasi Pengaturan Windows 10 yang sama ditawarkan. Menggunakan aplikasi Pengaturan, Anda dapat menyesuaikan Pusat Tindakan, mengubah wallpaper desktop, mengaktifkan efek transparansi untuk bilah tugas, dan banyak lagi.

Pengaturan Windows juga memungkinkan Anda untuk mengelola Pembaruan Windows, yang sekarang terpisah dari komponen OS seperti driver dan aplikasi. Windows 10X mampu menerapkan pembaruan dalam waktu kurang dari 90 detik dengan menyimpan paket pembaruan di partisi yang berbeda. Setelah selesai, data pembaruan dipindahkan ke partisi lain dan diganti selama reboot.

Pencarian Windows

Pencarian Windows sekarang menjadi bagian dari Start Menu dan akan muncul di bagian atas.

Seperti Pencarian Windows di Windows 10, Windows 10X juga memungkinkan Anda mencari file di penyimpanan lokal dan cloud.

Next Post

Windows Bukan Layanan: Ini adalah Sistem Operasi

Fri Jan 14 , 2022
Windows Bukan Layanan: Ini adalah Sistem Operasi – “Windows sebagai Layanan” gagal. Jelas: Windows bukan layanan, dan tidak pernah ada. Ini adalah sistem operasi desktop, […]