Windows Core OS: Panduan lengkap – Mencoba mengikuti proyek internal Windows Core OS (WCOS) Microsoft bukanlah tugas yang mudah. Bahkan kami merasa sulit untuk mengikuti semua nama kode, paket, dan perubahan yang berbeda yang dibuat untuk Windows dengan Windows Core OS. Jadi, untuk mencoba dan menjaga semuanya tetap sesuai, kami telah menyusun panduan pamungkas ini untuk Windows Core OS, CShell, dan semua yang ada di antaranya.

Windows Core OS: Panduan lengkap

jenyburn – Windows Core OS adalah sesuatu yang telah kami tulis sejak awal 2017 dan telah bekerja lebih lama. Ini adalah masa depan Windows, yang mengambil kode bersama OneCore dan membangun OS modern, bebas warisan di atasnya. Windows Core OS, bersama dengan CShell, memungkinkan Microsoft untuk membuat versi baru Windows 10 dengan cepat, dan berbagi komponen dan fitur standar di berbagai jenis perangkat dan versi WCOS dengan cepat dan mudah.

Baca juga : Semua yang perlu Anda ketahui tentang Windows 10X

Apa itu OS Windows Core?

Melansir windowscentral, Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus menjelaskan apa itu Windows Core OS. Saat ini, Windows 10 adalah beberapa sistem operasi yang berbeda di banyak jenis perangkat yang dapat dijalankannya. Ada Windows 10 untuk desktop, Windows 10 untuk HoloLens, Windows 10 untuk perangkat IoT, Windows 10 untuk Surface Hub, Windows 10 untuk Xbox, dan ada juga Windows 10 untuk ponsel. Meskipun ini semua adalah Windows 10, mereka semua secara teknis berbeda sistem operasi yang tidak berjalan dengan baik pada perangkat yang tidak dirancang. Desktop Windows 10, misalnya, akan menjadi pengalaman buruk di ponsel, dan sebaliknya.

Namun, semua versi Windows 10 ini berbagi elemen universal, seperti OneCore dan OneCoreUAP yang merupakan lapisan sistem operasi yang dapat Anda temukan di semua versi Windows 10 ini yang mengaktifkan hal-hal seperti Platform Windows Universal. Tetapi semua yang lainnya termasuk dalam sistem operasi ini khusus untuk versi Windows tersebut. Tidak semuanya dapat dipertukarkan atau dibagikan di antara mereka, karena sebagian besar fitur ini harus ditulis ulang setiap kali oleh tim yang mengerjakan versi individual OS ini agar dapat berfungsi.

Contoh yang bagus untuk ini adalah dengan menu Start dan Action Center di Windows 10 untuk desktop dan Windows 10 Mobile. Sementara Microsoft berusaha sangat keras untuk membuat pengalaman ini tampak sama, di bawahnya, mereka sangat berbeda. Pengguna yang jeli mungkin akan melihat perbedaan fitur antara dua pengalaman Mulai, dan itu karena agar satu fitur tersedia di kedua platform, fitur itu perlu dibuat dua kali, bukan hanya sekali. Folder ubin langsung adalah contoh sempurna untuk ini, fitur yang pertama kali ditemukan di Seluler membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk muncul di desktop.

Windows Core OS adalah masa depan Windows.

Seperti yang ada saat ini, ada banyak pekerjaan ekstra dan overhead yang harus dihadapi Microsoft setiap kali ingin membangun versi Windows 10 untuk jenis perangkat baru, seperti perangkat yang dapat dilipat. Windows 10 seperti yang ada sendiri tidak akan cocok untuk PC yang dapat dilipat. Microsoft dapat mulai membangun versi Windows 10 lain untuk kategori perangkat ini, tetapi kemudian mereka harus membangun kembali banyak fitur yang ada yang dapat Anda temukan di versi Windows 10 lain untuk memastikan fitur tersebut berperilaku dan beroperasi dengan benar pada formulir ini faktor. Ini membuang-buang sumber daya dan usaha.

Di situlah Windows Core OS masuk. Dengan Windows Core OS, Microsoft sedang membangun basis universal untuk Windows yang dapat digunakan di semua perangkat yang berbeda ini. Daripada harus mengembangkan versi baru Windows 10 untuk setiap jenis perangkat baru yang datang, Microsoft cukup menggunakan Windows Core OS untuk memulai. Mereka kemudian akan menarik fitur dan fungsi yang telah dibuat untuk itu, dan membuatnya sebagai OS untuk jenis perangkat itu. Semua itu akan dibuat dengan lebih sedikit overhead dan lebih sedikit sumber daya yang digunakan.

Windows Core OS menghapus Windows hingga minimum. Itu tidak termasuk komponen atau fitur warisan apa pun, dan tetap menggunakan UWP sebagai inti untuk sistem operasi karena lebih ringan dan sudah universal. Dari sana, Microsoft dapat membangun Windows Core OS dengan berbagai komponen dan fitur yang kemudian dapat diterapkan ke perangkat jika diperlukan. Namun kali ini, komponen dan fitur tersebut dapat dibagikan ke berbagai perangkat yang akan menjalankan Windows Core OS.

Ini pada dasarnya adalah platform modular. Fitur atau fungsi apa pun yang dibuat Microsoft untuknya kemudian dapat diterapkan ke perangkat Windows Core OS apa pun yang diinginkannya. Sebagai contoh, bayangkan Microsoft membangun dukungan Win32 sebagai komponen untuk Windows Core OS untuk perangkat desktop dan laptop. Karena pekerjaan itu sekarang telah selesai, Microsoft juga dapat membawa komponen Win32 itu ke HoloLens 2 atau Surface Hub 2X yang menjalankan Windows Core OS, mengaktifkan fungsionalitas itu pada pengalaman itu juga.

Nilai jual besar untuk Windows Core OS untuk Microsoft adalah bahwa bagi orang yang bekerja di Windows, dibutuhkan waktu dan sumber daya yang jauh lebih sedikit untuk membangun pengalaman Windows baru saat dibutuhkan. Jika Microsoft atau salah satu mitranya ingin mengembangkan faktor bentuk perangkat baru yang menjalankan Windows, mereka tidak lagi harus menunggu bertahun-tahun hingga Microsoft membuat versi Windows 10 yang berfungsi untuk itu. Menggunakan Windows Core OS, mereka dapat menciptakan pengalaman Windows baru dalam waktu yang sangat singkat dan dengan cara yang lebih efisien.

Apa itu CShell untuk Windows?

Ide komponen bersama meluas ke UI juga, berkat shell universal yang telah dibuat Microsoft yang disebut Composable Shell, juga dikenal sebagai CShell. CShell adalah bagian lain dari ide universal untuk Windows Core OS ini, dan memungkinkan Microsoft untuk membangun pengalaman shell yang dapat dibagikan di seluruh perangkat, dan bahkan digabungkan bersama di tempat yang masuk akal. Misalnya, fitur yang menghadap ke shell seperti Pusat Tindakan, menu Mulai, atau bilah tugas, kemudian dapat digunakan di semua perangkat yang diberdayakan CShell tanpa harus menulis ulang agar muat di perangkat yang berbeda setiap saat.

Mari kita bayangkan Microsoft akhirnya memutuskan untuk membangun Surface Phone yang menjalankan OS Windows Core. Ini akan menampilkan pengalaman seluler terutama, tetapi jika Anda menghubungkannya ke dok Continuum, Microsoft juga dapat menggabungkan pengalaman desktop sebenarnya yang dibuat dengan CShell. Jadi, alih-alih mendapatkan pengalaman desktop palsu seperti yang Anda lakukan dengan Windows 10 Mobile, Anda akan boot ke pengalaman desktop nyata yang dibuat Microsoft untuk CShell, yang berjalan di desktop sebenarnya. Itu cukup keren.

Sayangnya, Microsoft tampaknya baru saja selesai mencoba membuat ponsel yang menjalankan Windows, jadi sebagai gantinya, kita bisa menerapkan ide ini ke sesuatu yang sedikit lebih masuk akal. Tablet! Microsoft dapat membangun pengalaman mode desktop dan tablet khusus dengan CShell, dan menerapkannya ke perangkat 2-in-1 seperti Surface Pro. Jadi, setiap kali pengguna memasuki mode tablet, alih-alih mendapatkan pengalaman yang biasa-biasa saja, pengguna dapat melakukan boot ke mode tablet khusus yang dibuat Microsoft untuk CShell. Di beberapa perangkat, mungkin mode tablet adalah satu-satunya pengalaman yang tersedia, dan di perangkat lain, ada lebih dari satu.

Atau bayangkan PC gaming, yang ketika digunakan dengan mouse dan keyboard, menggunakan antarmuka desktop biasa yang sebenarnya dengan bilah tugas dan menu Mulai. Namun, ketika pengontrol Xbox terhubung, ia melakukan boot ke “Mode Game” yang memungkinkan cangkang Xbox yang sama yang dapat Anda temukan di konsol Xbox, kecuali semuanya berjalan di PC Anda dan semua game PC Anda siap digunakan. Itu akan sangat keren. Ide-ide ini sangat mungkin dengan CShell dan Windows Core OS.

Baca juga : Cara meningkatkan versi Windows 10 dari 32-bit ke 64-bit

Rasa yang berbeda dari Windows Core OS

Sekarang kita tahu semua tentang Windows Core OS dan apa itu — mari kita lihat semua konfigurasi berbeda dari Windows Core OS yang kita ketahui sejauh ini. Secara resmi, ada dua perangkat yang dikirimkan Microsoft dengan OS Windows Core: HoloLens 2 dan Surface Neo.

Ada sejumlah besar nama kode dan kata-kata berbeda yang digunakan untuk menggambarkan berbagai versi WCOS. Jadi kami mencoba memasukkan semua nama yang digunakan Microsoft untuk edisi Windows Core OS ini.

Windows Core OS untuk laptop dan PC yang dapat dilipat

Windows 10X adalah cita rasa Windows Core OS yang tampaknya cocok untuk PC yang dapat dilipat serta laptop dan tablet tradisional.

Microsoft sedang membangun Windows 10X sebagai versi Windows Core OS yang berjalan pada PC, laptop, dan tablet 2-in-1 yang dapat dilipat untuk konsumen dan komersial. Ini adalah pandangan baru tentang Windows, memperkenalkan pengalaman pengguna baru yang sedikit lebih mirip Chrome OS dan tidak seperti Windows jadul. Ini memiliki ikatan mendalam dengan pengalaman web dan menempatkan aplikasi Windows universal di depan dan di tengah, dan pada akhirnya akan dapat menjalankan aplikasi desktop tradisional dari luar Microsoft Store juga.

Windows 10X memiliki pengalaman bilah tugas terpusat, dan dapat beradaptasi tergantung pada postur perangkat yang menjalankannya. Ada peluncur aplikasi sederhana yang tidak menampilkan ubin langsung, yang mencantumkan aplikasi yang Anda instal dari Microsoft Store atau situs web yang disematkan.

Next Post

5 Edisi Windows Teratas

Wed Dec 15 , 2021
5 Edisi Windows Teratas – Windows berusia lebih dari 30 tahun, jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk melihat kembali lima rilis Windows terpenting sepanjang […]