Analisis Sistem Operasi Windows dan Microsoft – Windows adalah sistem operasi komputer pribadi dari Microsoft yang, bersama dengan beberapa aplikasi bisnis yang umum digunakan seperti Microsoft PowerPoint, Word dan Excel, telah menjadi “standar” de facto bagi pengguna individu di sebagian besar perusahaan dan juga di sebagian besar rumah. Ini menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI), manajemen memori virtual, multitasking, dan dukungan untuk banyak perangkat periferal.

Analisis Sistem Operasi Windows dan Microsoft

jenyburn – Menurut ukessays, pada Agustus 2006, Windows secara keseluruhan mendominasi dunia komputer pribadi, berjalan di sekitar 97% dari pangsa pasar sistem operasi, dengan XP menyumbang sekitar 87% dari itu.

Sebagai perbandingan Mac OS memiliki sekitar 2% dan Linux (dengan semua distribusi) sekitar 0,36% Alasan mengapa demikian terutama karena Windows jauh lebih ramah pengguna dan semuanya sudah dikemas sebelumnya sehingga pengguna hanya perlu menjalankan aplikasi dan mengikuti petunjuk untuk menginstalnya..

Baca juga : Mengapa begitu banyak perusahaan menggunakan OS Windows?

Ada banyak versi Sistem Operasi Windows yang tersedia yaitu:

  • Windows 286
  • Windows 386
  • Windows 3.0 and 3.11
  • Windows 95
  • Windows 98
  • Windows NT
  • Windows 2000
  • Windows CE for use in small mobile computers
  • Windows Me
  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7

Di antara semua versi tersebut, Windows XP adalah yang paling populer dan digunakan oleh 61,9 persen pengguna Internet, menurut data dari Net Applications, diikuti oleh Windows 7 yang memiliki 14,46 persen pengguna dan Vista -14,34 persen.

Cerita Singkat Pada Windows

Windows terutama berkonsentrasi pada penyediaan sistem operasi yang ramah pengguna, stabil dan kurang rentan terhadap crash ketika mereka mengimplementasikan versi sebelumnya. Sekarang, meskipun XP secara umum disebut stabil dan efisien dibandingkan dengan salinan Windows lainnya, masih dikritik karena terlalu rentan terhadap risiko keamanan. Oleh karena itu penerus XP-Vista yang dirilis pada bulan Januari 2007 ini didesain sedemikian rupa sehingga memberikan keamanan yang lebih. Waktu transisi antara Vista dan XP adalah yang terlama antara versi windows.

Kerentanan Windows

Apa itu kerentanan? – “Ini adalah kelemahan yang membuat ancaman menjadi mungkin. “

Kerentanan ini digunakan oleh penyerang yang mengeksploitasinya untuk menyampaikan beberapa serangan, termasuk membujuk pengguna untuk membuka media berbahaya dan berbahaya atau mengunjungi situs web yang memiliki banyak virus.

Ini dapat memiliki banyak konsekuensi. Dalam kasus terburuk, seorang hacker atau penyerang bisa mendapatkan akses penuh ke komputer. Untungnya, windows menyediakan banyak solusi untuk kerentanan ini. Pengguna hanya perlu menginstal patch Microsoft yang sesuai atau terkadang diinstal secara otomatis dengan bantuan Pembaruan Windows.

Baca juga : Keuntungan dari OS 64 bit Lebih dari OS 32 bit

Pembaruan Jendela

Kerentanan dapat dibandingkan dengan lubang. Mereka seperti lubang dalam sistem. Windows secara berkala merilis patch keamanan sebagian besar sebagai Pembaruan Jendela untuk memperbaiki cacat tersebut. Ada tingkat keamanan yang berbeda yang dikenal sebagai “sistem tingkat keamanan” di Windows yang menggambarkan berbagai tingkat lubang keamanan:

Lubang keamanan kritis adalah “kerentanan yang eksploitasinya dapat memungkinkan penyebaran worm Internet tanpa tindakan pengguna.”

Sebuah lubang penting adalah “Kerentanan yang eksploitasinya dapat mengakibatkan kompromi kerahasiaan, integritas, atau ketersediaan data pengguna, atau integritas atau ketersediaan sumber daya pemrosesan.”

Peringkat keamanan moderat menandakan bahwa “Hasil eksploitasi dapat dikurangi hingga tingkat yang signifikan oleh faktor-faktor seperti konfigurasi default, audit, atau kesulitan eksploitasi.

Dan lubang rendah adalah “Kerentanan yang eksploitasinya sangat sulit atau yang dampaknya minimal.”

“Windows dikirimkan dengan berbagai komponen yang membantunya memproses dan memutar file media, seperti video. Menurut Microsoft, komponen penanganan media ini mengalami dua kerentanan eksekusi kode yang tidak ditentukan, yang melibatkan cara mereka menangani data terkompresi dalam media yang dibuat khusus. “

Efek potensial pada sistem: Seorang penyerang dapat mengeksploitasi kerentanan ini dengan mendorong pengguna untuk membuka file media yang dibuat khusus, mengunduh dan menginstal perangkat lunak berbahaya, dengan memikat mereka ke situs web yang berisi media tersebut atau dengan menerima konten streaming yang dibuat khusus dari situs web atau aplikasi apa pun yang memberikan konten Web. Dengan demikian, penyerang dapat mengeksploitasi kerentanan ini untuk mendapatkan hak pengguna yang sama dengan pengguna lokal. Jika ini terjadi, maka penyerang akan mendapatkan kendali penuh atas PC tersebut.

Peringkat Microsoft: Kritis.

Solusi: MS10-033. Karena file media paling sering menjadi target umum eksploitasi oleh penyerang karena meningkatnya potensi peredaran melalui grup sosial dan fakta bahwa file tersebut telah diungkapkan secara publik, diperkirakan kemungkinan pembuat malware akan berupaya mengeksploitasi jenis file media ini. kerentanan tinggi dan karenanya, pembaruan harus diinstal.

Perangkat Lunak yang Ditargetkan:

  • Paket Layanan Windows 2000 4
  • Windows Server 2003 Paket Layanan 2 Windows Server 2003 x64 Edition Paket Layanan 2 Sistem berbasis
  • Windows Server 2003 Itanium Tanpa Paket & Paket Layanan 2
  • Paket Layanan Windows XP 2 dan 3 & Professional x64 Edition Paket Layanan 2
  • Windows Server 2008 Tanpa Paket Layanan & Paket Layanan 2 Windows Server 2008 x64 Edition Tanpa
  • Paket Layanan & Paket Layanan 2 Windows Server 2008 untuk Sistem Berbasis Itanium Tanpa Paket & Paket Layanan 2
  • Paket Layanan Windows Vista 1& 2 Windows Vista x64 Edition Paket Layanan 1 & 2

MS10-034: Pembaruan Kumulatif ActiveX Kill Bit

Deskripsi:“Kontrol ActiveX adalah program atau animasi kecil yang diunduh atau disematkan di halaman web yang biasanya akan meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman pengguna. Banyak alat desain dan pengembangan web telah membangun dukungan ActiveX ke dalam produk mereka, memungkinkan pengembang untuk membuat dan menggunakan kontrol ActiveX dalam program mereka. Ada lebih dari 1.000 kontrol ActiveX yang tersedia untuk digunakan saat ini.”