Mengapa begitu banyak perusahaan menggunakan OS Windows? – Ketika datang ke sistem operasi komputer, tidak ada keraguan bahwa Microsoft Windows jelas merupakan pilihan paling populer.

Mengapa begitu banyak perusahaan menggunakan OS Windows?

jenyburn – Menurut StatCounter pada Mei 2018, 81,73% dari semua pengguna komputer menjalankan beberapa versi Windows.

Mengutip laman mychoicesoftware. Ya, lebih dari 80% pengguna komputer. Jelas, mereka melakukan sesuatu yang benar. Tapi apa sebenarnya tentang Windows yang menarik begitu banyak pengguna? Mari kita lihat beberapa faktor.

Baca juga : Cara Menginstal Sistem Operasi Microsoft Windows

Aplikasi yang Lebih Baik

Aplikasi yang tersedia untuk Windows cenderung memiliki fitur yang luar biasa jika dibandingkan dengan platform lain. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Windows memiliki semua perangkat lunak terbaik karena memang ada beberapa program yang dikembangkan dengan sangat baik yang dibuat untuk platform lain. Tetapi ketika kita melihat gambaran yang lebih besar, kita menemukan bahwa aplikasi berbasis Windows tampaknya keluar di atas jika dibandingkan dengan rekan-rekannya.

Salah satu contohnya adalah Microsoft Office. Meskipun tersedia untuk pengguna Windows dan Mac, pengalaman versi Windows jauh melebihi versi Mac. Mengingat prevalensi Microsoft Office di sektor produktivitas, ini saja akan menjadi alasan yang cukup bagi organisasi untuk memilih Windows di atas sistem operasi lain.

Kepopuleran

Statistik penggunaan berbicara sendiri tentang seberapa populer Windows. Dengan Windows yang lebih akrab bagi orang-orang daripada sistem operasi lainnya, masuk akal bagi organisasi untuk memilih opsi yang memerlukan lebih sedikit pelatihan dan pengguna akan lebih nyaman menggunakannya. Hampir setiap pengguna komputer pernah menggunakan Windows di beberapa titik tetapi yang sebaliknya belum tentu benar.

Itu juga membuat kolaborasi dan kompatibilitas dengan organisasi lain berjalan lebih lancar. Di pasar, Windows adalah sistem operasi yang dominan. Jika Anda ingin bisnis Anda tetap kompatibel dengan mitra dan pemangku kepentingan, Anda juga harus berada di platform yang sama. Kemitraan dan kesepakatan bisnis tidak memerlukan tekanan yang mengganggu dari file yang tidak kompatibel dan fungsionalitas yang tidak cocok.

Lebih Banyak Perangkat Lunak

Tanpa ragu, Windows memiliki pilihan perangkat lunak terbesar yang tersedia untuk platformnya daripada sistem operasi lainnya. Manfaat dari ini adalah bahwa pengguna dapat memilih dari berbagai pilihan yang lebih luas. Ini menciptakan “persaingan” yang sehat bagi pengguna, di mana pengembang perangkat lunak benar-benar harus mendorong batas untuk menghasilkan program terbaik. Apa pun yang kurang dari yang terbaik akan mengakibatkan pengguna memilih program berikutnya dalam daftar. Ini saja sudah sangat luar biasa dalam memotivasi pengembang perangkat lunak untuk memberikan solusi luar biasa yang memenuhi kebutuhan pengguna.

Dalam kasus sistem operasi yang kurang populer, ada lebih sedikit pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk pengguna. Dan pilihan terbatas ini berarti bahwa pengguna hanya perlu memilih opsi kerja terdekat. Ketika elemen pengembangan perangkat lunak kompetitif tidak ada, itu bisa membuat pengembang malas. Karena pengguna akan dipaksa untuk menggunakan produk berkualitas lebih rendah hanya karena tidak ada pilihan yang lebih baik.

Biaya

Biaya merupakan faktor penting ketika memilih sistem operasi. Namun, ini tidak sesederhana membandingkan label harga. Faktor-faktor seperti harus melatih kembali pengguna, perangkat keras yang kompatibel, dan paritas fitur berkontribusi pada tagihan akhir. Pengembang hak milik, seperti Apple, biasanya membebankan banyak biaya untuk perangkat yang kinerjanya hanya sedikit lebih baik daripada perangkat Windows yang harganya setengahnya. Atau pertimbangkan biaya untuk membeli perangkat lunak yang cukup untuk melakukan semua tugas yang sudah dapat dilakukan oleh satu program berbasis Windows. Perbandingan dolar untuk dolar biasanya membuat komputer berbasis Windows menang.

Sejujurnya, ada kasus yang dapat dibuat untuk sistem operasi non-Windows. Mereka pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Tetapi Windows jelas merupakan alfa ketika Anda menambahkan semua poin. Jika Anda mencoba memutuskan opsi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan dompet Anda, cobalah berbicara dengan spesialis perangkat lunak seperti MyChoiceSoftware.

Next Post

Analisis Sistem Operasi Windows dan Microsoft

Wed Nov 24 , 2021
Analisis Sistem Operasi Windows dan Microsoft – Windows adalah sistem operasi komputer pribadi dari Microsoft yang, bersama dengan beberapa aplikasi bisnis yang umum digunakan seperti […]