Sistem Operasi Microsoft Windows 8 – Windows 8 menampilkan Antarmuka Pengguna berbasis ubin ‘Modern’ yang baru, serta banyak peningkatan pada desktop gaya Windows 7 yang sudah dikenal. Tersedia dalam edisi Standar dan Profesional, ini tidak diragukan lagi merupakan OS terbaik Microsoft.

Sistem Operasi Microsoft Windows 8

jenyburn – Sistem operasi terbaru Microsoft berjanji untuk memberikan pengalaman pengguna PC terbaik. Dalam tiga tahun sejak Windows 7 diluncurkan, Microsoft telah bekerja keras untuk memberikan pengalaman pengguna generasi berikutnya dan sekarang menawarkan hasil akhir dengan harga perkenalan khusus yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Baca juga : Sistem Operasi Terbaik untuk Sistem Kerja Hybrid Ialah Windows 11

Pembuat Sistem / Edisi Ritel / OEM

Melansir dari quietpc, Tidak seperti Windows 7, Microsoft menjual Windows 8 hanya dalam satu edisi, yang disebut “Pembangun Sistem”. Ini menggantikan varian OEM dan Ritel di mana versi Windows sebelumnya datang. Masalah utama dengan versi Windows OEM (original equipment manufacturer) sebelumnya adalah bahwa setelah diinstal, mereka tidak dapat ditransfer secara legal ke PC lain nanti jika terjadi peningkatan perangkat keras. Namun, tidak demikian halnya dengan edisi System Builder yang memang dapat ditransfer ke mesin yang berbeda jika diperlukan, selama hanya digunakan pada satu PC pada satu waktu.

Perbandingan Versi

Versi standar Windows 8, (dikenal hanya sebagai “Windows 8”, atau kadang-kadang “Windows 8 Core”) menawarkan nilai uang yang luar biasa dan mencakup banyak peningkatan dan fitur di atas dan di atas Windows 7 Home Premium. Meskipun fitur baru terbesar di Windows 8 adalah ‘Modern UI’ berorientasi layar sentuh (sebelumnya diberi nama kode Metro), ada banyak peningkatan besar dan fitur baru yang ditawarkan juga kepada pengguna PC konvensional, yang kemungkinan besar ingin terus menggunakan antarmuka pengguna Windows tradisional.

Versi Profesional Windows 8 menawarkan beberapa fitur tambahan yang akan menarik terutama bagi pengguna bisnis dan antusias, seperti enkripsi drive BitLocker®, kemampuan untuk mengontrol PC Anda dari jarak jauh menggunakan Remote Desktop dan dukungan untuk lingkungan domain jaringan perusahaan.
Fitur baru untuk kedua versi

Baik edisi standar dan Profesional Windows 8 menyertakan banyak fitur dan peningkatan baru dan yang utama diuraikan di bawah ini.

Login pengguna

Windows 8 menampilkan layar kunci baru yang mencakup tampilan tanggal dan waktu, bersama dengan kemampuan untuk menampilkan pemberitahuan dari aplikasi. Dua metode login baru yang dioptimalkan untuk layar sentuh juga tersedia, termasuk PIN empat digit, atau “kata sandi gambar”; pengguna mana yang mengizinkan penggunaan gerakan tertentu yang dilakukan pada gambar yang dipilih untuk masuk. Gerakan ini akan memperhitungkan bentuk, titik awal dan akhir, serta arah. Namun, bentuk dan gerakan terbatas pada mengetuk dan menelusuri garis atau lingkaran. Microsoft menemukan bahwa membatasi gerakan meningkatkan kecepatan masuk tiga kali lipat dibandingkan dengan mengizinkan metode bentuk bebas. Gerakan yang salah akan selalu menolak login, dan akan mengunci PC setelah lima kali gagal, sampai kata sandi teks diberikan.

Integrasi akun Microsoft

Akun pengguna dapat ditautkan ke akun Microsoft untuk menyediakan fungsionalitas tambahan, seperti sinkronisasi data pengguna dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya seperti Xbox Live (untuk game dan multimedia) dan penyimpanan online SkyDrive.

Dukungan multi-monitor

Windows 8 juga menyertakan dukungan yang ditingkatkan untuk konfigurasi multi-monitor; bilah tugas sekarang dapat ditampilkan di beberapa layar, dan setiap layar juga dapat menampilkan bilah tugas khusus. Wallpaper juga dapat dibentangkan di beberapa layar, atau setiap layar dapat memiliki wallpaper tersendiri.

Penjelajah Berkas

Windows Explorer, yang telah berganti nama menjadi File Explorer, sekarang menggabungkan bilah alat pita, yang dirancang untuk menampilkan perintah yang paling umum digunakan untuk akses mudah. Tombol “Naik” (yang memajukan pengguna kembali satu tingkat dalam hierarki folder) yang telah dihapus dari Explorer setelah Windows XP juga dipulihkan. Selain itu, File Explorer menampilkan panel pratinjau yang didesain ulang yang memanfaatkan tata letak layar lebar. File Explorer juga menyediakan fungsi bawaan untuk memasang file ISO, IMG, dan VHD sebagai drive virtual.

Jendela kemajuan untuk operasi file juga telah didesain ulang; menawarkan kemampuan untuk menunjukkan beberapa operasi sekaligus, grafik untuk melacak kecepatan transfer, dan kemampuan untuk menjeda dan melanjutkan transfer file. Antarmuka baru juga telah diperkenalkan untuk mengelola tabrakan nama file dalam operasi file, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengontrol file konflik mana yang disalin.

Internet Explorer

Windows 8 dikirimkan dengan Internet Explorer 10, yang dapat dijalankan sebagai program desktop (yang beroperasi mirip dengan Internet Explorer 9), atau sebagai aplikasi dengan antarmuka layar penuh baru yang dioptimalkan untuk digunakan pada layar sentuh. Internet Explorer 10 juga berisi Flash Player versi terintegrasi, yang akan tersedia sepenuhnya di desktop, dan dalam bentuk terbatas di dalam aplikasi UI Modern.

Pengelola tugas

Windows 8 menyertakan versi Windows Task Manager yang dirombak di mana tab disembunyikan secara default dan hanya aplikasi yang ditampilkan dalam tampilan ini. Pemanfaatan sumber daya di tab Proses ditampilkan menggunakan peta panas, dengan warna kuning yang lebih gelap mewakili penggunaan yang lebih berat. Tab Kinerja dibagi menjadi bagian CPU, memori, disk, Ethernet, dan jaringan nirkabel (jika ada). Ada grafik keseluruhan untuk masing-masing, dan mengklik satu mencapai detail untuk sumber daya tertentu itu. Tab CPU tidak lagi menampilkan grafik individual untuk setiap prosesor logis pada sistem secara default. Sekarang dapat menampilkan data untuk setiap NUMA node

Tab CPU sekarang menampilkan persentase sederhana pada ubin pemetaan panas untuk menampilkan pemanfaatan untuk sistem dengan banyak (64 atau lebih, hingga 640) prosesor logis. Warna yang digunakan untuk peta panas ini adalah biru, dengan warna yang lebih gelap lagi menunjukkan penggunaan yang lebih berat

Mengarahkan kursor ke data prosesor logis apa pun sekarang menunjukkan simpul NUMA dari prosesor itu dan ID-nya. Tab Startup baru telah ditambahkan yang mencantumkan aplikasi startup dan dampaknya terhadap waktu boot. Tab Proses sekarang mencantumkan nama aplikasi, status aplikasi, dan data penggunaan keseluruhan untuk CPU, memori, hard disk, dan sumber daya jaringan untuk setiap proses. Informasi proses normal yang ditemukan di Pengelola Tugas yang lebih lama dapat ditemukan di tab Detail baru.
Keamanan Keluarga

Family Safety tidak akan lagi diinstal secara terpisah melalui Windows Live; itu akan memungkinkan Administrator untuk memantau dan membatasi aktivitas pengguna melalui penyaringan web, pembatasan aplikasi, dan batas waktu penggunaan komputer.

Riwayat File

File History, fungsi yang mirip dengan Time Machine Mac OS X, menggantikan fitur “Versi Sebelumnya” dan Backup and Restore pada Windows 8. File History secara otomatis membuat cadangan tambahan file yang disimpan di Perpustakaan dan folder yang ditentukan pengguna ke perangkat penyimpanan eksternal ( seperti hard drive sekunder, Ruang Penyimpanan, atau berbagi jaringan). Pengguna kemudian dapat melacak dan memulihkan revisi file tertentu menggunakan fungsi “Riwayat” di File Explorer. Tidak seperti Shadow Copy, yang melakukan pelacakan tingkat blok file, File History hanya menggunakan USN Journal untuk melacak perubahan, dan hanya menyalin versi file sebelumnya ke lokasi cadangan.

Dukungan USB 3.0

Windows 8 menambahkan dukungan asli untuk USB 3.0, yang memungkinkan transfer data lebih cepat dan manajemen daya yang ditingkatkan dengan perangkat yang kompatibel.

Instalasi

Pemasang baru yang dikenal sebagai Asisten Pemutakhiran ditawarkan, yang dimaksudkan untuk memberikan proses instalasi yang lebih sederhana bagi mereka yang meningkatkan ke Windows 8. Asisten Pemutakhiran mengintegrasikan pemeriksaan kompatibilitas, membantu dalam transfer file dan pengaturan, mengunduh sistem operasi untuk mereka yang telah membelinya secara online, memungkinkan pengguna untuk membuat media instalasi, dan juga melakukan instalasi. Langkah-langkah juga diambil untuk memastikan penginstal baru melakukan peningkatan lebih cepat dari versi Windows sebelumnya juga.

Rintisan

Windows 8 default ke mode “boot hybrid”; ketika sistem operasi dimatikan, kernel akan melakukan hibernasi, memungkinkan boot lebih cepat pada startup berikutnya. Ini semakin diperparah dengan dukungan untuk banyak inti selama boot. Pada sistem yang kompatibel, percikan pabrikan sekarang dapat dipertahankan di layar setelah uji mandiri Power-on, memungkinkan transisi yang mulus antara kontrol dari firmware ke Windows. Karena peningkatan kecepatan boot perangkat dengan UEFI dapat menyulitkan untuk mengakses fungsi-fungsi ini menggunakan pintasan keyboard, menu Advanced Startup sekarang juga dapat diluncurkan dari dalam Windows menggunakan aplikasi Pengaturan PC, menahan Shift sambil mengklik tombol Restart, atau dengan menggunakan sakelar “-o” baru di shutdown.exe.

Perbaikan dan pemulihan

Windows 8 sekarang dapat mendeteksi ketika sistem mengalami masalah yang mencegah sistem berfungsi dengan benar, dan secara otomatis meluncurkan menu Startup Lanjutan untuk mengakses fungsi diagnostik dan perbaikan. Windows 8 juga menambahkan opsi Refresh dan Reset, yang memungkinkan pengguna untuk menginstal ulang Windows tanpa perlu menggunakan media instalasi; kedua opsi ini mem-boot ulang sistem ke Lingkungan Pemulihan Windows untuk melakukan operasi yang diminta. Refresh mempertahankan profil pengguna, pengaturan, dan aplikasi, sementara Reset memformat ulang partisi sistem dan menginstal ulang sistem operasi sepenuhnya. Fungsi reset juga dapat melakukan prosedur penghapusan disk khusus untuk keamanan tambahan. Kedua operasi akan menghapus semua aplikasi desktop yang terinstal dari sistem. Pengguna juga dapat membuat image disk kustom untuk digunakan dengan Refresh dan Reset.

Keamanan

Windows 8 dikirimkan dengan versi Windows Defender yang diperbarui. Sekarang berdasarkan Microsoft Security Essentials, ia menambahkan kemampuan perlindungan virus ke perangkat lunak di samping perlindungan malware. Windows Defender akan secara otomatis menonaktifkan dirinya sendiri jika mendeteksi bahwa perangkat lunak keamanan pihak ketiga telah diinstal, dan dirancang untuk tetap aktif hanya jika tidak ada perangkat lunak antivirus yang saat ini diinstal, atau mendeteksi bahwa langganan program antivirus telah kedaluwarsa.

Windows 8 juga mendukung mekanisme boot aman pada sistem UEFI yang didukung. Ini menggunakan proses infrastruktur kunci publik untuk memverifikasi integritas boot loader Windows, mencegah malware menginfeksi sistem sebelum sistem operasi dimuat.

Subsistem video

Windows 8 menyertakan WDDM 1.2 dan DirectX Graphics Infrastructure (DXGI) 1.2. Desktop Window Manager sekarang berjalan setiap saat (bahkan pada sistem dengan kartu grafis yang tidak didukung; di mana DWM sekarang juga mendukung rendering perangkat lunak), dan sekarang juga menyertakan dukungan untuk konten 3D stereoskopik. Fitur utama lainnya termasuk multitasking pre-emptive dengan granularity yang lebih halus (DMA buffer, primitif, segitiga, piksel, atau tingkat instruksi), pengurangan jejak memori, peningkatan berbagi sumber daya, dan deteksi dan pemulihan batas waktu yang lebih cepat. Format permukaan warna 16-bit (565, 5551, 4444) wajib di Windows 8, dan Direct3D 11 Video mendukung format video YUV 4:4:4/4:2:2/4:2:0/4:1:1 dengan presisi 8, 10, dan 16-bit, serta format palet 4 dan 8-bit.

Baca juga : Cara meningkatkan versi Windows 10 dari 32-bit ke 64-bit

Virtualisasi

Sebelumnya hanya ditawarkan di Windows Server, Hyper-V, hypervisor asli sekarang disertakan di Windows 8 Pro, menggantikan Windows Virtual PC, hypervisor yang dihosting. Windows 8 menawarkan format VHD baru, yang disebut .vhdx, yang mendukung penyimpanan hingga 16 terabyte. Ini memiliki ketahanan bawaan serta perlindungan dari korupsi yang dapat terjadi selama kegagalan daya. Ini juga membantu mencegah penurunan kinerja pada beberapa disk fisik sektor besar.

Ruang Penyimpanan

Storage Spaces adalah teknologi virtualisasi penyimpanan yang menggantikan Logical Disk Manager dan memungkinkan organisasi disk fisik menjadi volume logis yang mirip dengan Logical Volume Manager (Linux), RAID1 atau RAID5, tetapi pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi. Ruang penyimpanan berperilaku seperti disk fisik bagi pengguna, dengan sedikit penyediaan ruang disk yang tersedia. Ruang diatur dalam kumpulan penyimpanan, yaitu kumpulan disk fisik, yang dapat menjangkau beberapa disk dengan ukuran, kinerja, atau teknologi yang berbeda (USB, SATA, SAS).

Proses menambahkan disk baru atau mengganti disk yang gagal atau yang lebih lama sepenuhnya otomatis, tetapi dapat dikontrol dengan perintah PowerShell. Kumpulan penyimpanan yang sama dapat menampung beberapa ruang penyimpanan. Ruang Penyimpanan memiliki ketahanan bawaan dari kegagalan disk, yang dicapai dengan mirroring disk atau striping dengan paritas di seluruh disk fisik. Setiap kumpulan penyimpanan pada sistem file ReFS dibatasi hingga 4 PB (4096 TB), tetapi tidak ada batasan jumlah total kumpulan penyimpanan atau jumlah ruang penyimpanan dalam kumpulan.

Next Post

Mengapa begitu banyak perusahaan menggunakan OS Windows?

Wed Nov 17 , 2021
Mengapa begitu banyak perusahaan menggunakan OS Windows? – Ketika datang ke sistem operasi komputer, tidak ada keraguan bahwa Microsoft Windows jelas merupakan pilihan paling populer. […]